Kambing, Hewan yang “Multi-tasking”

adsense-fallback

Kambing merupakan hewan dengan segudang manfaat alami. Tidak hanya berguna dagingnya untuk dikonsumsi, namun hampir dari setiap bagian maupun hasil yang keluar darinya dapat diolah menjadi beragam produk-produk berkualitas. Inilah yang menyebabkan banyak pihak mencoba menggali lebih lagi mengenai manfaat dari hewan berbau khas ini.

Hasil olahan daging kambing, selain enak nyatanya juga memiliki bermacam khasiat bagi tubuh manusia. Dan susunya, memiliki efek penyembuh penyakit yang mujarab. Nah, berikut ini kami sajikan secara lebih pada pembaca sekalian apa saja manfaat dari hewan ternak bernama kambing ini.

  1. Olahan Daging

Olahan daging kambing tentunya sudah terkenal dan tidak asing lagi di telinga kita. Daging kambing, selain memiliki banyak manfaat dari segi gizi dan nutrisi, yang tak boleh tertinggal adalah cita rasanya yang maknyus blegeder. Daging kambing dapat diolah menjadi sate yang luar biasa nikmat, diolah menjadi gulei, rendang, dan sop yang mampu meningkatkan stamina bagi tubuh.

  1. Olahan Kulit

Kulit kambing selain dijadikan sebagai bahan beduk masjid, juga dapat dimanfaatkan lebih dari itu, bahkan mampu menghasilkan laba finansial yang lumayan. Sebagai contoh dijadikan kerupuk kulit, atau bagi anda yang memiliki jiwa seni dapat mengkreasikan kulit kambing menjadi olahan seni yang memiliki daya tawar tinggi, seperti wayang dan lukisan berbasis latar kulit.

  1. Olahan Kotoran

Kotoran kambing memiliki unsur-unsur yang baik bagi tanah dimana tumbuhan hidup di atasnya. Tinggal ditambahkan dengan beberapa suplemen lainnya, maka kotoran kambing bisa menjadi pupuk tanaman yang bermanfaat.

  1. Olahan Susu

Gizi yang tinggi terdapat dalam susu kambing. Saat ini konsumsi susu kambing telah menjadi pilihan alternatif bagi pecinta susu. Susu kambing etawa sebagai contoh, yang memiliki rasa khas ini dipercaya memiliki segudang manfaat bagi tubuh, baik untuk anak kecil hingga dewasa, mulai dari menyembuhkan penyakit liver, TBC, dan berbagai macam penyakit lainnya.

Dan baru-baru inipun telah ditemukan kosmetik yang berbahan dasar susu kambing ini, selain dari plasentanya yang juga dapat digunakan. Kosmetik berbahan susu kambing telah banyak mendapatkan testimoni dari wanita-wanita yang telah menggunakannya.

Itulah beberapa hal dari keunggulan kambing. Hewan yang hampir dari seluruh bagian tubuhnya bisa dimanfaatkan oleh manusia. Tak heran, jika kita katakan,  bahwa kambing adalah hewan yang “multi-tasking“.

adsense-fallback