Tips Mengelola Tanah Kavling

Tips Mengelola Tanah atau Kavling – Memiliki tanah atau kavling yang luas tentu menjadi impian kita semua. Dekade ini, seperti sudah kita ketahui bersama, bahwa tanah sebagai sebuah properti menjadi aset investasi yang masih sangat menjanjikan.

Namun walaupun tanah atau kavling sebagai aset investasi jangka panjang ini cukup menjanjikan, ternyata masih ada hal yang seharusnya dijadikan perhatian. Salah satunya adalah bagaimana pengelolaan atau pemanfaatan yang harus kita lakukan. Sebab tanah atau kavling luas yang tidak terkelola dengan baik atau bahkan hanya dibiarkan menganggur saja, dapat menyebabkan kita jatuh pada kezhaliman, ditambah lagi dengan kondisi bila ternyata masih banyak orang yang mampu menghidupkan (mengelola) tanah luas tersebut.

Maka, ada beberapa tips sederhana dari KAVLING KAMPUNG QURBAN untuk anda sekalian.

  1. BERKEBUN

Berkebun adalah satu alternatif pilihan bagi kita guna memanfaatkan tanah/kavling kosong yang ada. Berkebun selain dapat menghasilkan secara finansial, secara faktual pun dapat kita rasakan efeknya secara psikologis. Berkebun menimbulkan efek tenang, apalagi bagi anda yang sudah lanjut usia dan berkeinginan untuk menikmati masa tua dengan lebih tenang dan damai. Jika kita memiliki tanah luas sekali, maka tanaman semacam kurma, strowberry, dan lain sebagainya cukup pantas untuk kita pertimbangkan. Namun pertimbangan wilayah geografis, suhu, dan yang sejenisnya harus juga kita perhatikan.

Dengan luas tanah yang sedikit lebih kecil, tanaman obat mungkin pilihan cocok bagi kita yang ingin berkebun lebih santai.

  1. BETERNAK

Ya, satu tips sederhana lain yang bisa kita lakukan dalam mengelola kavling adalah denganbeternak. Aktivitas beternak selain dapat menghasilkan pundi-pundi uang kertas, juga sangat menyenangkan. Anda dapat membawa anak dan sanak keluarga berwisata kecil di kavling sendiri. Memberi makan dan mengurusi hewan ternak. Hewan-hewan yang bisa anda ternak semisal kambing, ayam, bebek, lele, dan lain sebagainya. Beternak memang sedikit lebih ribet dan harus lebih telaten dibanding berkebun. Maka pilihan agar beternak tetap berjalan adalah melakukan kerjasama/syirkah dengan pihak lain yang lebih mampu untuk mengelola. Maka dengan begini kita pun akan memberi pekerjaan pada pihak lain, tanah atau kavling kita telah memberi manfaat ganda yang insyaAllah juga berpahala.

  1. MEMBANGUN PERUMAHAN, KONTRAKAN ATAU KOS-AN

Tipe satu ini memang membutuhkan modal lebih besar dibanding dua tips kita sebelumnya. Namun langkah ini cukup baik bagi anda yang ingin memudahkan keluarga lain mendapatkan hunian tempat tinggal. Tanah/kavilng kita pun akan lebih bermanfaat bagi orang banyak.

Demikianlah sedikit tips sederhana dari ALGIRA KAVLING KAMPUNG QURBAN, semoga bermanfaat dan dapat jadi pertimbangan dalam memanfaatkan dan mengelola tanah kavling yang kita miliki. Selamat mencoba. [Wassalam].

NB: Join waitinglist Algira Kampung Qurban di sini

coming soon algira kampung qurban